Rabu, 22 Desember 2010

Peta Rute Jakarta-Anyer Tanpa Lewat Jalan Tol

Beberapa waktu yang lalu, saya diminta tolong oleh sobat saya untuk menunjukkan jalan dari Jakarta ke Anyer. Kalau langsung turun ke jalanan saya masih ingat jalurnya, tetapi kalau disuruh untuk memberi petunjuk sulit juga. Saya tidak kehabisan akal dan langsung buka Google Maps untuk mencari jalan yang dulu pernah saya lewati ketika bersama-sama dari Jakarta ke Cilegon. Untungnya Google Maps menyediakan informasi akurat tentang nama jalan dan lokasi sehingga saya bisa mengingat jalurnya dengan baik.

Mohon maaf apabila tulisan pada peta di bawah ini mengganggu, soalnya file gambar di bawah ini bekas saya berikan ke teman saya itu, jadi saya berikan petunjuknya dengan bahasa sehari-hari hehehe..


Saya memulai perjalanan naik motor dari rumah di daerah Jakarta Barat menuju jalan Daan Mogot. Patokan pertamanya adalah Daan Mogot. Telusuri Daan Mogot sampai mentok melewati Kota Tangerang, setelah itu menyeberangi sungai seperti yang telah saya cantumkan dalam gambar berikut.


Setelah melewati jembatan, tujuan selanjutnya adalah menelusuri jalan raya Cimone sampai jalan Gatot Subroto. Setelah melaluinya terus saja ikuti jalur sampai dengan jalan raya Bitung lalu jalan raya Cikupa.


Di sini harus hati-hati karena setelah jalan raya Cikupa maka akan ditemui jalan raya Serang yang memiliki dua percabangan, ambillah jalan ke Balaraja. Setelah sampai Balaraja, tetap pada jalur jalan raya Serang. Setelah melewati Balaraja barulah aman.


 Lurus saja ikuti perjalanan dan ambil jalur kanan menuju Kota Serang. Setelah sampai di Kota Serang tidak ada hambatan yang berarti lagi, soalnya petunjuk jalannya sudah jelas. Namun, kalau konvoi ada baiknya pelan-pelan karena sedikit ribet di situ.



Setelah melewati Kota Serang, maka akan memasuki Kota Cilegon yang jalannya hanya luruuuuuuuuuss saja, nanti akan ketemu percabangan jalan yang satu menuju Anyer yang satu menuju Merak. Jika tujuan Anda adalah Anyer maka pilih jalur Anyer yang jalurnya sebelah kiri, sedikit sempit, dan tidak meyakinkan, tapi memang itu jalurnya.




Terus saja ikuti jalurnya nanti juga akan sampai di Anyer, karena setelah melewati rel kereta api maka suasana akan berubah seperti suasana di kawasan industri. Yup, memang benar kawasan industri akan Anda lewati ketika menuju Anyer. Lurus terus saja, maka pertama-tama Anda akan menemui Hotel Marbella dan jika terus Anda akan berjalan menelusur di pinggir pantai, sampailah pada Anyer.

0 komentar:

Poskan Komentar